Pengalaman Kuliah di Binus Part 4

Sebelumnya di part 3

Semester berikutnya sudah mulai menjurus ke belajar pengembangan Sistem Informasi, tapi kebanyakan masih teori. Bahasa pemrograman juga berganti-ganti.

Semester 4

Di semester ini ada satu mata kuliah favorit gw, yakni Analisa dan Pengembangan Sistem Informasi (Anapersis). Dosennya bernama Pak Arta, sepertinya hampir semua mahasiswa SI mengenal dosen yang satu ini karena gaya mengajarnya yang memorable.

Gw sama sekali tidak mengantuk ketika diajari beliau. Tegas, tapi terkadang memiliki selera humor juga. Pernah di suatu waktu, sehabis mengajar, beliau “mencoba” sistem pemesanan PHD, sekaligus memesan PHD dalam jumlah besar, untuk menraktir kami semua.

Tidak banyak yang bisa gw ceritain di semester ini, sepertinya gw butuh Animus untuk bisa mengingat apa aja yang terjadi di semester ini.

Semester 5

Ini semester dimana lonjakan tantangan seperti “lepas landas”. Bila semester 1 sampai 4 kita hanya dicekoki belajar teori dan teori, di 5 ini kita mulai belajar ke “luar kampus”.

Ya, ada yang namanya MINOR SKRIPSI. Meskipun belum the real thing, tapi disini sudah menjajal bagaimana perjuangan senior-senior di semester 7 membuat skripsi.

Dimulai dari pembentukan kelompok, kemudian mulai mencari perusahaan. Setelah kesana kemari, ternyata ada teman yang perusahaan tempat kakaknya bekerja, bersedia untuk kita grecokin proses bisnisnya.

Setelah deal, jadilah kita setiap seminggu sekali ngantor”, perusahaannya dibidang freight, jadinya yang dibahas tentang kapal.

Kita mewawancara kakaknya teman kami untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisa bagian mana yang bisa kita buatkan sebuah sistem informasi untuk mempermudah pekerjaan.

Kedengarannya simpel, tapi mempermudah sebuah proses bisnis artinya kita harus berpikir ribet, karena Sistem Informasi itu sulit perancangannya, mudah penggunaannya.

Untuk bisa membuat sistem, kita buat dari fakta : transaksi yang berjalan seperti apa, kita catat fakta-fakta yang ada di transaksi tersebut, seperti nilai transaksi, tanggal, siapa saja yang terlibat.

Dari kumpulan fakta dibuat menjadi data, kita kumpulkan fakta-fakta yang konsisten terdapat pada setiap transaksi, lalu dibuatkan berbagai macam diagram. Salah satunya adalah Entity Relationship Diagram alias ERD. Dan gw kebagian ini karena sebenarnya gw suka menggambar ERD.

Outputnya adalah sebuah aplikasi sederhana, yang kita buat pakai C#. Programmernya dibayar pakai Nasi Goreng, dikerjain semalaman di kosan teman.

Singkat cerita, setelah perjuangan, revisi sana-sini, sidang minor skripsi kita berhasil, dengan nilai C, kurang puas sih, tapi karena gw malas yang namanya mengulang, jadinya ya legowo saja, dengan resiko IP gw menurun rata-ratanya.

lanjut di part 5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.