diagnosa USG sebelum operasi usus buntu

Pengalaman Operasi Usus Buntu

Kejadiannya sekitar tahun 2011. Gw mau cerita pengalaman operasi usus buntu gw yang sembuhnya sampai 1 bulan. Mana waktu itu sedang ada UTS di binus, akibatnya ada salah satu mata pelajaran yang gagal karena tidak hadir saat UTS.

Sekarang sih sudah sembuh total ^.^ yang tersisa hanyalah bekas operasi, dan pengalaman yang berharga. Kejadiannya begini.

Gejala awal radang usus buntu

Hari itu merupakan hari yang cerah. Saking cerahnya, di pagi hari gw masih bisa main sepeda. Dengan sedikit rasa tidak nyaman di punggung. Ya, memang sebelum–sebelumnya gw sering bermasalah dengan asam lambung, makanya rasa nggak nyaman di perut dan punggung itu gw anggap cuma gejala asam lambung biasa. Perasaan gak nyaman itu berlanjut hingga sore, lalu malam hari, sampai keesokan harinya.

Ciri-ciri awal radang usus buntu yang gw alamin sebagai berikut:

  • Rasa gak nyaman di punggung
  • Kemudian sakit perut di bagian pusar
  • Yang terakhir, sakitnya pindah dari pusar ke kanan bawah (tempat usbun berada)

Sakit banget, seluruh bagian perut terasa sakit, hingga bagian kanan bawah, tempat usbun berada juga terasa nyeri. Pada hari ini belum engeh sama sekali ama yang namanya radang usus buntu (jelas, kebiasaan sakit maag jadi mikirnya juga kali ini cuma maag biasa). Turns out, ini lebih parah dari asam lambung.

Malam itu, nyerinya luar biasa sampai hampir pingsan tiduran di ubin. Mau tidur juga gak bisa tenang, semalaman menggigil plus rasa nggak nyaman di perut bikin posisi tidur terus berubah. Akhirnya gw putuskan untuk ke dokter umum langganan besok pagi.

Konsultasi dokter

Keesokan paginya jalan ke dokter umum. Sambil jalan saja, kalau kaki kanan di angkat, bagian kanan bawah perut udah terasa sakit. Pemikiran terburuk gw sih, ini kayaknya radang usbun. Nah, begitu sesampainya di dokter umum, setelah gw cerita panjang lebar. Dokter langsung memvonis usus bun.. bukan, tapi sakit MAAG ! Well, akhirnya “hanya” dikasih obat pereda asam lambung.

Pulang terus makan dan minum obatnya seperti biasa. Sore harinya, rasa sakitnya pindah dari abdomen tengah ke kanan bawah, sekarang bagian tengah uda gak sakit lagi.

Tidur bisa sedikit tenang, rasa sakit agak hilang, tapi kenapa bagian usus buntu nya masih sakit? Pagi itu cuma sarapan roti sepotong dan terus tiduran sambil berpikir optimis bisa sembuh. Tapi firasat mengatakan, kalau ini sakitnya bukan main-main.Gw akhirnya bilang ke nyokap supaya ngunjungin dokter internis langganan, di sebuah rumah sakit swasta di Kebon Jeruk.

Akhirnya ke rumah sakit

Menjelang siang berangkat ke rumah sakit. Sesampainya disana masih harus nunggu lagi, ternyata dokternya lagi visit ke pasien–pasien rawat inap. Kemudian giliran gw tiba. gw laporin semua gejalanya, sambil cek temperatur, juga dipencet bagian usus buntunya, “sakit dok!”, Kemudian . .

“Ini sih sore langsung operasi usus buntu ya, uda parah nih”

There it is …

Ya, perasaan terkejut sih pasti ada, bagi orang seperti gw yang belum punya pengalaman dirawat di rumah sakit, apalagi yang namanya operasi. Gw sempet nanya, “dok boleh ditunggu sampe besok gak kali aja sembuh ?” *ngarep*.

Langsung dibalas, “oh boleh aja, tapi lo harus nandatanganin surat pernyataan kalo menolak ditindak hari ini”. That’s right, kalau misalnya hari ini dokter sudah menyarankan harus operasi, tapi gw menolak dan besok-besoknya terjadi hal yang tidak diinginkan, dokter sudah lepas tanggung jawab dan gak mau dong dituntut.

Pengalaman operasi usus buntu pertama, dan yang terakhir

Gak ada pilihan lain, harus operasi usus buntu sekarang juga. Dari ruang dokter, langsung si babe (panggilan akrab nyokap gw ke dokter internisnya) telepon buat registrasi kamar rawat inap, lantai 4.

Gw jalan sama dokter, “ude lo ikut gw ke kamar, biar ibu lo ngurus administrasi”. Sampe di atas, dokter langsung ngarahin gw ke kamar, “lo tiduran dulu situ sambil nunggu jam 5 ntar operasi”. Well, this is it, kamar ini akan menjadi “hotel” gw sampe seminggu kedepan.

Pilih operasi usus buntu laparoskopi atau biasa?

Gw dihadapkan pada dua pilihan metode operasi usus buntu ini, antara bedah terbuka atau laparoskopi.

Sore hari pun tiba, pukul 5 bangsal berjalan datang menjemput. Trus dibawa turun ke lantai 2, ke ruang operasi. Ya, bagi sebagian orang mungkin ada yang tegang, apalagi pertama kali masuk ruang operasi. Tapi bagi gw, I have no choice, have to get through this first to live another day, and I have nothing to fear.

Tiba diruang operasi, langsung pakai daster operasi. Lalu masuk ke ruangan super dingin dan disambut oleh dokter bedah dan asisten–asistennya. Terlihat mereka mempersiapkan peralatan bedah, sambil mengganti kantung cairan infus gw dengan obat bius.

Oh ya, sepertinya mereka sudah terlatih untuk menciptakan suasana yang rileks. Peralatan bedah tampak masih dibungkus, sambil ditutupin badan si asisten. Gw aja diajak ngobrol tentang film, kemudian infus bekerja dan gw tidak sadarkan diri.

Setelah dioperasi, kondisi usus buntu gw disimpulkan sebagai berikut:

  • Usus buntu gw sudah mengalami perforasi (pecah di dalam rongga perut, bakteri dan nanahnya sudah tumpah).
  • Menurut dokter bedah gw, laparoskopi tidak dimungkinkan karena usus buntu gw sudah bengkak besar dan mengalami perforasi
  • Untuk recovery bisa makan waktu sebulan bila terjadi infeksi pasca operasi
  • Bila dibiarkan lama, bisa mengakibatkan perlengketan usus di rongga perut

Perlengketan usus ini yang paling ribet kalau dibiarkan, karena, literally, perut harus dibuka, angkat organ usus, lalu dicuci persis kayak tukang jagal ngebersihin usus sapi kalau lagi idul kurban.

Malam hari setelah operasi

Bangun–bangun sekitar jam 9 malam, mata masih setengah terbuka, keliatan dari jauh ada jam dinding. Terlihat sekeliling asisten sibuk dengan . . . ah gak inget, gak lama setelah itu gw didorong keluar dari ruang operasi dan melihat saudara-saudara menunggu diluar. Sambil berlalu kemudian di bawa balik ke lantai 4, kamar gw berada.

Malam itu tidur yang paling tidak nyaman. Karena tidak makan dari pagi, asam di lambung numpuk dan bikin kembung. dan semenjak efek obat bius habis, sekarang di bagian yang di operasi juga mulai terasa perih. Untuk bisa napas sampai 100%, harus menggunakan teknik pernapasan dada.

Tidak banyak aktivitas yang bisa gw lakuin, sistem pencernaan juga masih shut down alias belum aktif bekerja.

Buang angin pertama keluar sekitar jam 3 pagi. Dan akhirnya boleh minum meskipun cuman 1 atau 3 sendok teh setiap 1 jam, sekedar menghilangkan rasa haus.

Full bed-rest rumah sakit

Pagi harinya, ketika efek obat bius dan pain-killer mereda, barulah muncul rasa nyeri di bekas operasi. Hal yang lumrah memang, tapi untuk pengalaman operasi bedah pertama kali? Cukup menganggu. Terlebih, karena jaringan otot yang dibedah, butuh waktu bagi sel otot yang ada di daerah bekas operasi untuk regenerasi. Alhasil, ketika ingin duduk, rasanya sulit dan sakit. Perlu waktu hingga 2–3 hari sampai bisa duduk dan bangun berdiri, itu pun masih sempoyongan.

Seminggu pasca operasi adalah masa recovery di rumah sakit. Makanan harian tidak lain hanyalah bubur sum-sum, memang enak, tapi lama kelamaan ya enek juga. Ketika ibu di samping makan makanan padang, alangkah lezatnya saus gulai ayam dan lalapan daun singkong beserta nasi pulen dan pera’ yang sangat nikmat, Sayang hanya bisa melihat.

keterangan dokter gw operasi usus buntu
Surat keterangan dokter untuk rawat inap, kopinya gw serahkan ke Binus.

Keluhan pasca operasi usus buntu

Selama seminggu itu pula berbagai macam tes, dari ambil darah hingga urin, feses, USG scan, rontgen dada dilakukan untuk menunjang pemantauan kondisi badan pasca operasi. Selama seminggu itu pula badan gw demam 38 derajat celsius. Antibiotik, pain-killer dan obat penurun demam diminum untuk membantu pemulihan.

Akhirnya setelah seminggu dirawat, dokter mengizinkan untuk pulang, tapi tetap dalam pengawasan karena demam yang tidak kunjung turun. Tetap semua berharap yang terbaik, dan gw juga selalu berdoa agar demamnya cepat turun.

Tapi sayangnya, doa gw belum terkabul, selama sebulan ini gw mengalami infeksi pasca operasi usus buntu, yang mengakibatkan gw harus dioperasi dua kali. Jadi deh pengalaman operasi usus buntu gw ini case yang terburuk.

 

2 pemikiran pada “Pengalaman Operasi Usus Buntu”

  1. Halo kak, boleh tanya. Apa penyebabnya kakak bisa infeksi pasca operasi usus buntu ?
    Dan pengalamannya kakak pasca operasi bekas usus buntunya suka nyeri2 lagi gak ?

    Balas
    • Penyebabnya waktu abis operasi pertama yang pulang ke ruamh itu, gw rasa karena kurang telaten untuk bersihin bekas jahitannya. Kalo nyeri2 sampe sekarang sudah tidak terasa apa2 lagi.

      Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.