Pengalaman Ngantri GATF 2018

Garuda Travel Fair 2018, berbagai promo, cashback, diskon selama GATF 2018 udah jadi gimmick utama kalau ada pameran. Tapi yang paling diincar orang adalah cashback Mandiri. Ya, kali ini GATF disponsori oleh Bank Mandiri, bukan BNI.

Ngantri dari malam sebelumnya

Ada orang-orang yang ngantri dari malam sebelumnya, jam 23.00, bagi yang modal, berbekal netflix, paket data, power bank, bahkan bangku lipat. Sisanya duduk kayak anak sekolahan duduk di lapangan, gak peduli kotor.

ngantri promo cashback mandiri
Suasana lesehan pemburu promo cashback 2jt Mandiri ini ngantri dari dini hari

Gw dateng jam 05.00 pagi tanggal 07 April 2018. Udah berkumpul para pemburu promo cashback ini. Sesekali pula terdengar bentakan ibu-ibu dan bapak-bapak yang tidak rela diserobot orang yang baru datang.

Pihak GATF memang tidak mengadakan antrian diluar pintu, ini inisiatif orang-orang saja. Nah karena diluar tanggung jawab pihak GATF inilah, hukum rimba disini berlaku.

Hukum rimba

Bermodalkan kepercayaan dan daya ingat, yang ngantri di paling depan mencoba menginisiasi bikin daftar nama yang udah hadir dari semalam sebelumnya, sambil mengingat wajah juga. (ini cerita dari temen gw yang di hari jumat ngantri dari kamis malam).

Begitu pagi, orang-orang yang dateng pagi langsung nimbrung, terjadilah drama. Sebenarnya tidak ada yang salah disini, orang-orang yang ngantri dari malam juga punya hak yang sama dengan orang-orang yang baru datang pagi. Kurang lebih begini argumennya:

Dateng malam: “ngantri dong, kita udah dateng dari tadi malem nih”
Dateng pagi: “siapa suruh dateng malem, antrian yang resmi kan bukanya jam enem
Dateng malam: *HUUUUUU*

antrian gatf 2018 pagi subuh
Demi 40 kuota untuk cashback 2jt mandiri debet, 50 kuota untuk kredit card

Lalu karena massa yang datang dari malam lebih banyak, yang dateng pagi menyingkir. Tapi bukan berarti mengalah, tapi tetap ada celah, yakni ketika gerbang dibuka.

Joki

Begitu jam 06.00 pintu dibuka oleh satpam, dan dibuka lebar-lebar, bukan lagi disuruh masuk satu-satu, langsung lah para pemburu dua juta rupiah ini menyerbu masuk.

Gw dan temen gw ber-4 juga ikutan masuk, tapi karena sudah sewa joki, jadi gk perlu terburu-buru. Lalu begitu di antrian resminya, kami mencari Liner, kasarnya sebut saja joki antrian, pesan dari aplikasi akuantri. Tarifnya 30rb sejam, karena sudah ngantri selama 10 jam, gw bayar 330rb.

But there was a catch, mereka yang benar-benar ngantri untuk sendiri dari malam (termasuk joki), dan yang baru datang pagi nyampur semuanya di antrian resmi depan booth tiket, suasana pun sempat tegang.

Ada juga yang sempat tercyduc satpam, persisnya gw kurang tahu kenapa, tapi sepertinya protes tidak puas, karena pintu gerbang dibuka lebar-lebar, jadinya ya tadi, yang dateng pagi ikutan nimbrung.

Hampir tercyduc

Seketika itu pula gw bertemu dengan joki gw, langsung tukar tempat, tapi sempat dicegat satpam, “Kamu tadi darimana?!”, wah panik gw, sambil ngejelasin kalo gw tukar tempat. Dan UNTUNGNYA, orang didepan dan belakang gw baik, bukan yang rusuh, jadinya pertukaran aman.

Keringat dingin juga iya, tapi mencoba menenangkan diri, sambil ngobrol orang didepan dan belakang, yang dibelakang gw juga datang subuh rupanya, kalau datang malam mungkin bisa habis di persekusi.

The game begins

Jam 07.00, antrian promo cashback dibuka. Target utama tentu saja yang 2jt. Tapi apalah daya, posisi gw agak dibelakang, harapan pun tipis.

Benar saja, begitu kuota 2jt menunjukkan angka 00, seketika kami pun bersorak, “HABIIISS”. Tapi masih mencoba mengejar yang 750rb, at least masih cuan 320rb dipotong joki.

“Pertempuran” baru berasa begitu tiba di baris depan, dorong-dorongan, dempet-dempetan pun tak terelakkan, sebenarnya booth ada 2 debit 4 kredit. Tapi yang antrian kredit oleh satpam juga dianggap berhak ngantri di debit, aneh bukan? Ini termasuk sumber keributan juga.

Kuota cashback 750rb hanya 110, saat di 10 terakhir gw sudah persis di depan booth, gencetan makin berasa. Lalu perjuangan pun berakhir.

gelang antrian cashback 750rb
Mission Complete: gelang antrian cashback 750rb

Success!

Gw meminjam kartu debit nyokap untuk dapetin cashback ini. Karena memang anak Binus ya punyanya BCA, bukan Mandiri. Sempat galau lagi karena ini kartu Mandiri bukan punya sendiri. Tapi ternyata tidak masalah, tidak ada ketentuan nama di KTP dan kartu nasabah harus sama. (untungnya lagi, nyokap gw kartunya yang lama, tidak ada namanya tertera dikartu).

Pameran sendiri dibuka jam 10.00, gw dan teman-teman memutuskan untuk sarapan dulu di kantin JCC. Bagaimana nasib mereka? Nihil, 2 orang teman gw tidak berhasil swap dengan jokinya karena depan belakangnya rusuh, sementara 1 teman gw yang sudah dapat yang 2 juta kemarin gagal hari ini karena jokinya ngantri jauh di belakang. Dibayar? Iya jelas, biarpun gagal mendapatkan promo.

Sekian ceritanya, gw memanfaatkan promo casback ini untuk beli tiket Garuda Indonesia ke Jepang bulan Oktober 2018, pastinya bakal banyak cerita yang lebih seru di negeri matahari terbit nanti.

Setelah satu bulan, barulah duitnya cair.

6 Balasan untuk “Pengalaman Ngantri GATF 2018”

  1. Hai.. aku jg kmren dpt promo cashback yg 750rb dari kartu kredit Mandiri… itu kira2 dikreditkan kembali di bulan ke berapa ya? Billing yg ke berapa? Mohon infonya. Terima kasih.

    1. Halo, wah kartu kredit kurang tau mbak. Kalo saya pake debet 3 mei kemarin di transfer ke rekening. Mungkin bisa coba hubungi 14000.

  2. Kak aku mau tanya, 1 gelang cashback berlaku untuk berapa tiket return? Kalau misal 2, jadi 2 tiket return dapat 2x cashback? Makasih kaa

  3. kak, aku mau tanya. kalau udah dapet gelang cashbacknya pagi terus aku balik ke JCC nya siang bisa ngga kak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.