pengalaman interview kerja di kompas gramedia

Pengalaman Interview di Kompas Gramedia

Secarik tulisan pengalaman interview kerja di Kompas Gramedia. Tepat pada 2017 Januari gw berhenti kerja dari Transcosmos Indonesia, lalu mulai gerilya mencari kerja, termasuk salah satunya di grup Kompas Gramedia ini.

Interview awal

Selagi asyik browsing lowongan kerjaan di jobstreet, gw menemukan lowongan kerja di Kompas. Posisinya Web Designer, lalu gw pikir, “Kapan lagi dapet kerja di perusahaan mapan, deket pula dari rumah”. Yaa, ini juga doa gw supaya dapat kerja di tempat yang lebih dekat ketika masih kerja di kantor sebelumnya sih.

Tanpa pikir panjang langsung lah apply, waktu itu gw ngelamar pada bulan Februari awal. Lalu pada 28 Februari 2017, dapat undangan interview dengan HR Kompas. Lokasinya di Palmerah, kalo dari rumah cukup naik M11.

Turun di Kompas palmerah barat, bertemu satpam, dari gw berpakaian baju putih lengan panjang celana hitam langsung diarahkan, “Interview ya? Gedung unit 2 ada di belakang.” Jalan kaki sekitar 500m.

interview di kompas, ini gedung palmerah barat
(SS Google Maps) Tampak depan gedung Kompas Palmerah Barat, turun angkot M11 disini.

Menyusuri jalan gelora barat, di kanan kiri gw menemui gedung Kompas TV, sampai Tribunnews. Memang grup media yang besar.

Sampai di gedung belakang yang biasa disebut Palmerah Selatan, langsung masuk dan naik ke lantai 5 bagian PSDM. Tidak lupa menukar KTP dengan kartu Visitor di lobi.

interview di kompas, gedung palmerah selatan
(SS Google Maps) Gedung Palmerah selatan tempat gw di interview, dan psikotes.

Di ruang tunggu ada satu oplah koran Kompas. Berhubung sudah lama tidak baca koran, jadi baca saja.

Tidak lama gw dipanggil untuk sesi tanya jawab. Pertanyaanya sayang gw udah lupa, tapi ya secara umum menanyakan kompetensi, pengalaman, dll. Lalu setelah selesai, dipersilahkan pulang.

Psikotes, user dan manager interview

Psikotes pada 3 Maret 2017, tepat pada hari Jumat, mulainya jam 08.00. Di tes ini ada gambar keppler, wartegg, intelligenz, memory test, pohon. Nah gambar pohon pas di akhir-akhir mau jam 12, jadinya gw gambar pohon gersang karena mau ngejar shalat jumat. Kalo masi sempat mungkin daunnya lebih banyak.

Setelah psikotes, ada user interview dengan atasan gw nantinya. Beliau banyak bertanya tentang pengalaman kerja, bagaimana cara menangani masalah. Lalu yang terpenting, bagaimana menghadapi rekan kerja yang umurnya diatas gw. Selesai user interview, lagi-lagi disuruh pulang.

Undangan berikutnya adalah interview dengan manajemen. gw diwawancara  Direktur Bisnis dan dengan manajer PSDM. Dua-duanya adalah generasi X, otomatis harus berhati-hati gw dalam mengeluarkan statement. Pertanyaannya juga gw udah lupa sama sekali, tapi yang jelas terkait manajemen ya, bukan soal teknis codingan.

Selesai interview, seperti biasa langsung disuruh pulang, sambil menunggu undangan cek medis *kalau* gw lolos tahap ini.

Horor jarum suntik

Kemudian gw dikirimkan email beserta lampiran surat pengantar medical check-up di RS Saint Carolus Salemba. Kompas memang bekerjasama dengan St. Carolus ini untuk medical check-up calon karyawan, termasuk karyawan umur 35 tahun keatas.

Mungkin gw pernah di operasi usus buntu sebelumnya, tapi tetap yang namanya jarum suntik gw paling benci. Hari sabtu di bulan Maret 2017, gw berangkat pakai go-jek.

Sampai disana, naik ke lantai 2 bagian pemeriksaan medis. Pertama adalah tes darah… Period. Malam sebelumnya gw sudah diminta puasa, jadi sekarang ambil darah (cek gula darah puasa). Cuss, tusuk di tangan kanan, sedot sampai 3 vial. Abis itu dikasih sarapan roti, topping pilih sendiri mau coklat atau stroberi, serta teh manis favorit gw.

Lega? BELOM! Masih ada tes-tes lain, masih ada tes darah yang ke-2. Tes lain itu rekam jantung, rontgen, mata, telinga, buta warna, sampai … colok anus (tes ambeyen). Itu semua bagi gw tidak masalah, yang paling gw risih adalah tes darah. Nonetheless, sudah gw lewati semua dan pulang dengan selamat.

Final offering

Gw mendapat telepon dari HRD, intinya, gw diterima! Maka interview berikutnya adalah final offering. Gaji yang lebih besar dari perusahaan sebelumnya, dan bagi gw yang terpenting: lebih dekat ke rumah. Otomatis transport bisa lebih murah dan gak perlu berlama-lama di jalan.

Sekian cerita pengalaman interview gw di Kompas. Ini pengalaman tahun 2017, sekarang? Gw sudah diangkat jadi karyawan tetap, ditempatkan di Divisi Iklan Harian Kompas. Bagaimana ceritanya? Mungkin di lain waktu ^.^ Berikut linknya:

Setahun Pengalaman Kerja di Harian Kompas

Bagi yang mau coba melamar di kompas, bisa coba lewat futuretalent.print.kompas.com.

58 pemikiran pada “Pengalaman Interview di Kompas Gramedia”

  1. Hi mba.. aku juga habis tes mcu untuk seleksi calon karyawan di kompas gramedia. Tapi udah 1 mingguan dari tes mcu, belum juga ada kabar dari hrd nya. Kalo boleh tau, dulu mba dikasitau lolos hasil mcu itu selang brapa hari dari setelah tes ya mba? Soalnya aku lagi harap-harap cemas ni nunggu lolos apa engganya :”)

    Balas
  2. Mau tanya dong, untuk isi formulir lamaran dri KG bagian nama jabatan yang diinginkan itu diisi apa yaa,, karena saya lupa apply untuk apa pas kirim lamaran ke KG,

    Balas
  3. Hai, izin tanya.. kalau jarak waktu dari kirim lamaran sampai dapat e-mail konfirmasi dari KG kira-kira berapa lama, ya?

    Balas
  4. Halo, pak. Saya tgl 19/9 ada test psikotest dan interview HRD di kompas. Setelah nunggu lama tidak ada kabar, ternyata saya ditelpon untuk interview user tgl 30/10. Setelah tgl itu blm ada informasi lagi. Kira2 masih ada harapan atau gak ya 😀

    Balas
    • Maaf nih Mas
      Tanggal 31 Juli 2019 saya sudah ikut test psikotest dan test bidang keesokan harinya melalui email untuk unit Tribunnetwork

      Jadi saya mau nanya, apakah biasanya dalam tes ada sistem gugur?
      Soalnya sampai hari ini saya belum dapat info untuk ikut tahap selanjutnya.

      Kalau memang ternyata lolos, berapa lama untuk mendapatkan infonya?

      Terima kasih

      Balas
  5. Halo,
    Jikalau boleh tahu.. durasi dari user interview ke interview dengan manajemen, lalu menuju undangan Medical Check-Up hingga final offering berapa lama ya?
    thank you

    Balas
  6. Hai mas dimi, saya minggu depan juga mau diinterview kompas di bagian web developer, saya Icha, salam kenal ya mas. Ngomong-ngomong pas interview ada tes teknis soal kodingan ga mas?

    Balas
      • Salam kenal mas Dimi, kebetulan minggu depan saya ada tes bidang di Gramedia, klo boleh tau tes ngoding halaman itu ngoding dikertas atau ngoding apa ya?
        maaf sebelumnya saya fresh graduate, belum punya pengalaman tes bidang jadi masih kekurangan informasi
        terima kasih

        Balas
  7. hallo mba aku mau tanya dong
    waktu tes dulu mba wawancara sama supervisor toko nya langsung gak? kalo iya berapa lama nunggu kabarnya lagi?

    Balas
    • Toko? Saya di harian kompas mba. bukan Gramedianya.
      Nah kalau saya waktu itu ada wawancara ama Manager, lalu ada wawancara Direktur SDM dan Direktur Bisnis di waktu terpisah.

      Balas
    • Halo mas Adit 😀 Wah bukan saya HRnya mas, mungkin yg di futuretalent belum diupdate. Coba saja apply lewat kalibr juga 🙂

      Balas
  8. Numpang tanya dong um, kalo di kompas gramedia itu bisa ngga buat yang matanya min? Mohon infonya ka

    Balas
  9. Halo mas, mau tanya untuk hasil MCU nya kira2 berapa hari keluarnya ya? Saya baru MCU kemarin Jumat nih, harap2 cemas:’)

    Balas
  10. Selamat siang mas, mau tanya utk tahapan test education officer apa saja tahapannya yah? Utk kompas gramedia

    Balas
  11. Mas numpang tanya kalo nunggu panggilan buat MCU nya lama gak sih mas? Saya sudah psikotes sama test bidang dibagian mechanical electrical tapi udah seminggu lebih dikit belum ada panggilan buat MCUnya trus kalo dapet panggilan MCUnya itu via apa ya mas??

    Balas
  12. Hi Mas Dimi, salam kenal.
    Terima kasih atas tulisan blognya yang detail, sehingga buat kita (pembaca) jadi ga sabar menjadi bagian dari Kompas Gramedia hehe. Oh iya, aku mau bertanya, tanggal 25 Juli 2019 kemarin aku udah mengikuti tes MCU tapi udah seminggu sampai hari ini (02 Agustus 2019) belum ada kabar dari tim harian kompas, kira-kira pemberitahuan lulus tidaknya berapa lama ya? sebelum MCU aku udah bertanya sama usernya katanya sekitar seminggu hehe tp ini udah lewat sehari sih. Mohon saran dan masukannya mas Dim, Terima kasih 🙂

    Balas
    • Halo mba Widya, salam kenal juga.
      Wah kalau itu sih saya tidak bisa beri kepastian juga, harap bersabar aja 🙂
      Anyway, selamat ya sudah sampai tahap MCU, tinggal selangkah lagi menjadi anggota keluarga KG 😀

      Balas
      • Halo Mbak Widia, apakah sudah ada kabar dari Kompas untuk hasil MCU nya? Karena tanggal 5 Okt kemarin saya hbs MCU untuk KG Media tapi sampai sekarang blm dapat balasan, thank you

        Balas
  13. Hai Mas, Saya besok interview dan test bidang dengan user. Apakah untuk tes bidang dilakukan coding dengan bahasa yang sudah ditentukan dari user atau bebas kita pilih? karena saya melamar menjadi software engineer apa boleh menggunakan bootstrap?
    Terimakasih

    Balas
  14. Apakah untuk tes bidang dilakukan coding dengan bahasa yang sudah ditentukan dari user atau bebas kita pilih? karena saya melamar menjadi software engineer apa boleh menggunakan bootstrap?
    Terimakasih

    Balas
    • Wah tergantung tes requirementnya seperti apa ya,
      klo saya dulu diminta bikin satu landing page, gak ada batasan pake framework apapun, dan waktu itu gak pernah pakai bootstrap/dll. jadi saya bikin sendiri frameworknya.

      Balas
      • Hi kak! Kemarin saya sudah menjalankan tes bidang. Tapi sudah 4 hari ini belum ada kabar diterima/ditolak dari HR. Biasanya maksimal berapa hari ya kak informasi dari HR?

        Balas
  15. Hallo.. mas Dimi nanya dong, tes psikotes TPA nya kaya gmn yah? Buat bahan belajar.. soalnya ada panggilan tes buat tgl 5 nov 19.. thank you mas

    Balas
    • Maap baru baca mas 😀
      Wah hari ini dong? Good luck ya 😀
      Klo psikotesnya saya lupa, yg inget cuma gambar pohon sama orang, sama itung2an cepet naik keatas gitu :p

      Balas
  16. Halo mas. Besok saya tes MCU di gramed. Saya agak khawatir karena saya memiliki riwayat buta warna parsial. Apakah hal itu bisa jadi penilaian yang cukup besar bagi perusahaan ya mas?
    Saya sangat ingin sekali menjadi bagian dari kompas gramedia

    Balas
  17. Halo mas dim. Mau tanyaa. Jarak waktu antara tes bidang ke MCU itu biasanya berapa lama yaa? saya sih baru ujian tes bidang hari rabu minggu lalu (24/11) dan hingga hari ini belum ada kabar lagi. Agak harap-harap khawatir ajaa nih hehe

    Balas
  18. halo mas dimi. salam kenal. mas mau tanyaa, biasanya pengumuman skill test ke MCU tuh berapa hari yaa? saya sih baru test bidang tanggal 24/11/2021, cuman sampai hari ini belum dikabarin lagii untuk test selanjutnya. Dulu mas dimi nunggu brp lama yaa sampai ke tahap test MCU? Terima kasih ^^

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.