Pengalaman Membuat Visa Waiver Jepang di Kedutaan

Membuat Visa Waiver Jepang di Kedutaan dengan mudah? Asal udah punya e-paspor, kita nggak perlu lagi nyerahin setumpuk dokumen identitas kalau masih pakai paspor biasa. Karena data pribadi kita sudah disimpan di chip yang dibenamkan di e-paspor.

Catatan:
Kedutaan Jepang hanya melayani pembuatan:
a. Registrasi Bebas Visa (Visa Waiver) E-Paspor (bisa juga dilakukan di JVAC)
b. Visa Diplomatik dan Visa Dinas
c. Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru
d. Penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

sumber

Bagi yang masih pakai paspor biasa, bisa minta jasa travel atau kunjungi Japan Visa Application Center (JVAC) di Lotte Shopping Avenue.

Syarat Membuat Visa Waiver Jepang di Kedutaan: E-Paspor dan selembar surat permohonan

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan Visa Waiver Jepang hanya e-paspor dan selembar surat permohonan yang tersedia di kedutaan, jadi gak perlu repot cetak dulu. Tapi kalau mau disiapin duluan juga boleh, ini link dokumennya.

Kalau sudah siap, tinggal berangkat ke kedutaan, yang naik Transjakarta turun di halte Bundaran HI. Yang bawa mobil bisa parkir di Plaza Indonesia.

Waktu Penyerahan E-Paspor Hari kerja, jam 08.30 sd 12.00
Waktu Pengambilan E-Paspor Hari kerja, jam 13.30 sd 15.00

Gw waktu itu datang ke kedutaan sekitar pukul 09.00. Di pintu masuk kita akan melewati security checkpoint. Keamanan standar khas kedutaan.

Selesai pemeriksaan keamanan langsung masuk, lalu belok kiri ke ruang tunggu. Ada mesin self-service untuk mengambil nomor antrian, tekan tombol A, yang B buat orang Jepang.

Di ruang tunggu, gw melihat 4 loket. 2 untuk melayani orang Jepang, 1 untuk melayani visa waiver pribadi, dan yang terakhir khusus travel agent.

bukti registrasi visa waiver
Tanda terima Visa Waiver

Setelah penyerahan e-paspor, kita diberi tanda terima. Simpan, lalu tinggal bawa keesokan harinya untuk pengambilan e-paspor yang sudah ditempeli visa waiver Jepang. Selesai!

Bila ingin informasi lanjut, silahkan ke situs kedutaan Jepang langsung:

www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver2018.html
www.id.emb-japan.go.jp/link_faq.html#kon

ini link ke tulisan blogger lainnya yang sudah merasakan mudahnya mengurus paspor di kedutaan Jepang:

heydeerahma.com
evrinasp.com

I can write a story with 5 language: Indonesian, English, HTML, CSS, and Javascript.

2 Balasan untuk “Pengalaman Membuat Visa Waiver Jepang di Kedutaan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.