7 Komponen Penting Saat Merakit PC Gaming Murah

Rakit PC Gaming murah tidak perlu selalu semua komponennya baru, bisa campur dengan komponen bekas. Tapi juga mesti hati-hati, karena bekas orang, ada saja yang umurnya ternyata pendek. Nah buat yang mau rakit PC gaming bekas yang bagus dan murah, berikut komponen-komponen PC yang perlu diperhatikan.

Tips Rakit PC Gaming murah, tidak perlu semuanya baru

Ada beberapa komponen yang disarankan bekas, ada yang disarankan baru. Gw bahas satu per satu.

1. Motherboard, disarankan bekas

Motherboard ini komponen yang jarang rusak, tapi perhatikan colokan SATA, USB, dll. bila beli bekas, pastikan semuanya masih normal, dan jangan ada colokan yang mati.

2. Prosesor, disarankan bekas

Idealnya umur prosesor bisa puluhan tahun, asalkan temperaturnya terjaga, dan yang terpenting tidak pernah di Overclock.

3. RAM, mending baru

RAM juga termasuk jarang rusak. Tapi sayangnya harga bekasnya tidak terlalu jauh dengan harga baru, karena ini satu-satunya komponen yang garansinya lifetime. Jadi mending baru saja sekalian.

4. Harddisk, baru lebih aman

Resikonya kalau beli HDD bekas itu rawan kena bad sector. Beli bekas kalau yakin HDD bekas orang ini sudah di cek healthnya dan tidak ada bad sector sama sekali.

5. SSD, bekas juga aman

SSD memiliki teknik penyimpanan yang berbeda dengan Harddisk, jadi tidak perlu khawatir kena bad sector. Selain itu garansinya bisa 5 sampai 10 tahun, jadi aman.

6. Power Supply, wajib baru

Beli baru, jangan bekas, karena sulit mengetahui kondisi pengguna sebelumnya. Terutama kualitas listrik: apakah stabil di 220v? Atau jarang mati lampu? Dua faktor ini mempengaruhi umur PSU.

Jangan beli PSU yang murah, karena bisa memperpendek umur komponen lainnya. Ingat, sebagian komponen disini bekas, jadi ada baiknya beli PSU yang mahal sekalian agar lebih awet. Selain itu teknologi lama biasanya menyedot listrik sedikit lebih besar dibanding teknologi baru, terutama VGA Card dan Prosesor.

7. VGA Card, bekas

Salah satu komponen yang awet, meski tidak seawet prosesor. Dan karena ini komponen paling penting dalam membangun PC Gaming, perhatikan riwayat pengguna sebelumnya, apakah bekas mining, atau hanya Gaming.

Kalau mau info lanjut, bisa baca tips berikut dalam membeli vga second dari agan …marah, salah satu VGA mastah di kaskus.

Upgrade kedepannya

Komponen yang paling gampang untuk upgrade adalah VGA card, karena dari dulu soketnya sama yakni PCI-Express. Beda dengan prosesor, masing-masing pabrikan Intel dan AMD setiap berapa tahun sekali pasti ganti soket.

Jadi bagi Anda yang ingin upgrade prosesor bekas pelajari dulu jenis-jenis soketnya dan motherboardnya. Untuk intel bisa klik disini kamusnya, sedangkan AMD disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.