rakit pc gaming murah bekas

7 Komponen Penting Saat Merakit PC Gaming Murah

Rakit PC gaming murah tidak perlu selalu semua komponennya baru, bisa campur dengan komponen bekas. Tapi juga mesti hati-hati, karena bekas orang, ada saja yang umurnya ternyata pendek.

Nah buat yang mau rakit PC gaming bekas yang murah tapi bagus, berikut komponen-komponen PC yang perlu diperhatikan.

Tips rakit PC gaming murah, tidak perlu semuanya baru

Ada beberapa komponen yang disarankan bekas, ada yang disarankan baru. Gw bahas satu per satu.

1. Motherboard, disarankan bekas

Motherboard ini komponen yang jarang rusak, tapi perhatikan soket SATA, USB, PCI-Express dan lainnya. Bila beli bekas, pastikan semuanya masih normal, dan jangan ada soket yang mati.

2. Prosesor, disarankan bekas

Idealnya umur prosesor bisa puluhan tahun, asalkan temperaturnya terjaga dengan baik oleh pengguna sebelumnya. Bila dapat yang belum pernah di Overclock, lebih bagus lagi.

Satu hal lagi, pastikan membeli prosesor yang soketnya sama dengan motherboardnya. Tidak mau sampai kejadian beli prosesor ternyata mobonya tidak cocok kan?

3. RAM, mending baru

RAM juga termasuk jarang rusak. Tapi sayangnya harga bekasnya tidak terlalu jauh dengan harga baru. Karena ini satu-satunya komponen yang garansinya lifetime, jadi mending beli baru saja sekalian.

4. Harddisk, baru lebih aman

Resikonya kalau beli HDD bekas itu rawan kena bad sector. Beli bekas kalau sudah di cek health-nya dan tidak ada bad sector sama sekali.

5. SSD, bekas juga aman

SSD memiliki teknik penyimpanan yang berbeda dengan harddisk, jadi tidak perlu khawatir kena bad sector. Selain itu garansinya bisa 5 sampai 10 tahun.

6. Power Supply, wajib baru

Beli baru, jangan bekas, karena sulit mengetahui kondisi pengguna sebelumnya, terutama kualitas listrik: apakah stabil di 220v? Atau sering mati listrik mendadak? Dua faktor ini mempengaruhi umur power supply.

Jangan beli PSU yang terlampau murah, karena bisa memperpendek umur komponen lainnya. Ingat, sebagian komponen disini bekas, jadi ada baiknya beli PSU yang mahal sekalian agar lebih awet.

Selain itu teknologi lama biasanya menyedot listrik sedikit lebih besar dibanding teknologi baru, terutama VGA card dan Prosesor.

7. VGA Card, bekas

Salah satu komponen yang awet, meski tidak seawet prosesor. Dan karena ini komponen paling penting dalam membangun PC gaming, perhatikan riwayat pengguna sebelumnya, apakah bekas mining, atau hanya gaming.

Kalau mau info lanjut, bisa baca tips berikut dalam membeli vga second dari agan …marah, salah satu VGA mastah di kaskus.

Upgrade kedepannya

Komponen yang paling gampang untuk upgrade adalah VGA card, karena dari dulu soketnya sama yakni PCI-Express. Begitu juga dengan SSD atau HDD yang soketnya mau SATA2 atau SATA3 juga tetap masih bisa dicolok.

Yang perlu perhatian ekstra adalah prosesor, masing-masing pabrikan Intel dan AMD setiap berapa tahun sekali pasti ganti soket.

Jadi bagi mau yang ingin upgrade prosesor atau motherboard bekas pelajari dulu jenis-jenis soket dan motherboardnya. Untuk intel bisa klik disini kamusnya, sedangkan AMD disini.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.