Pilih PSU Murah atau Mahal?

Gw punya pengalaman pakai Power Supply / PSU murah, mulai dari merek Simbadda sampai FSP. Guess what, umurnya tidak bertahan lama.

PSU murah, bencana buat komponen PC

Semurah-murahnya PSU yang pernah gw beli adalah merek Simbadda. Waktu itu tahun 2008, komputer gw masih pakai Pentium D925, VGA 7300GT, HDD 250GB merek Seagate.

Komponen yang paling sensitif disini adalah Harddisk. Seringkali Harddisk gw mengeluarkan bunyi seperti “kriiiiettt”, yang terjadi kemudian adalah PC gw nge-freeze.

Pada waktu itu gw belum paham mengenai Power Supply, jadi gw berpikir Harddisknya yang bermasalah. Akhirnya gw bawa ke HDDStudiosetelah gw tanya-tanya tempat servis HDD di forum CHIP.

Sampai disana, sang ahli HDD langsung cek. Dan ternyata HDD gw sama sekali tidak bermasalah, semua berjalan normal. Lalu bro HDDStudio nanya, “pakai PSU apa?”, gw jawab, “Simbadda”. Langsung gw diceramahi.

Bro hddstudio nyaranin gw pakai PSU yang bagus, begitu gw tanya harganya, langsung gw kaget karena sampai 1 jutaan. Disini gw baru kepikiran, karena selama ini PSU selalu menjadi komponen yang paling terakhir gw pikirkan ketika upgrade PC.

daftar-upgrade-power-supply
Ini daftar belanja hardware gw, yang gw tandain adalah pembelian Power Supply. Dari 2008, 2013 ganti, lalu 2017 ganti lagi

PSU murah 1, FSP Saga 400w

Harganya waktu itu 510.000, pada tahun 2008. Orang-orang forum nyaraninnya sebenernya Acbel yang legendaris. Tapi gw lupa alasannya kenapa gw jadinya milih Saga, mungkin karena harganya yang lebih murah. Selain itu gw masih belum terlalu paham soal PC.

Dan ketika dipasang, benar saja, Harddisk langsung berjalan normal tanpa ada gejala freeze. Simbaddanya langsung gw simpen, mau jual juga bingung PSU abal begitu. Anywayfor now, it lives on.

PSU murah 2, FSP Raider 550w

Pada tanggal 19 Oktober 2013, komputer gw mati, gak bisa nyala. Langsung saja suspect ke PSUnya. Akhirnya sore itu gw cabs ke Mangga Dua untuk beli PSU. Pilihan jatuh pada FSP Raider 550w dengan rating 80+ silver, harga 649.000.

Sebenarnya ada cerita lain, di masa waktu ini listrik di rumah gw sempat tidak stabil. Voltase turun sampai 150-180v, sudah jelas pengaruh ke PSU karena gw tidak pasang UPS.

Tobat, langsung beli PSU mahal, Corsair RM550X

Hingga akhirnya sampai 2017, pada bulan yang sama yakni oktober, mulai menunjukkan gejala sakaratul maut. Komputer gw sering mati tiba-tiba. Begitu di cek voltase, ternyata rail 12v nya sampai turun ke 11v, bahkan 10v kalau dilihat di HWMonitor.

Karena sudah lelah dengan PSU murah, gw langsung saja beli yang mahal, Corsair RMX550, harganya hampir 3x lipat dari FSP Raider, tapi worth it lah. 80+ Gold dengan garansi 10 tahun? Jaminan selama itu berarti yang punya pabrik berani ngejamin kalau PSUnya tahan lama.

Kesimpulannya, tempatkan PSU dalam daftar prioritas

Selalu masukkan PSU kedalam daftar prioritas ketika mengupgrade PC, apalagi PC Gaming. Karena komponen elektronik PC pastinya bergantung ama PSU, nuff said.

Paling tidak beli yang harganya sekitar 1 jutaan, dan lihat garansinya. Umumnya yang garansinya diatas 5 tahun itu PSU bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.