rakit pc gaming murah bekas

Rekomendasi Power Supply PC Gaming dengan Harga Miring

Minimal sediakan budget 1-1,5 jutaan untuk bisa memboyong PSU/Power Supply yang ideal untuk PC Gaming. Power Supply yang bagus ini awetnya bisa sampai bertahun-tahun, tergantung pemakaian dan kualitas jaringan listrik di tempat tinggal.

Power Supply PC gaming idealnya adalah 500 watt

Tips pertama dari gw, daya Power Supply ideal untuk PC gaming dengan spek rata-rata adalah 500 watt. Meskipun sebenernya banyak faktor untuk perhitungan kebutuhan dayanya, coba kalkulator psu untuk lebih tepatnya.

Dengan 500w ini masih cukup untuk spek PC gaming yang agak tinggi. Dan spek yang gw maksud adalah Prosesor dan VGA Card, dua komponen ini paling nyedot daya soalnya.

Pilih Power Supply yang garansinya lama

Tips kedua, pilihlah PSU Gaming yang sertifikasinya Bronze, rata-rata garansinya 3-5 tahun. PSU bersertifikasi ini selain lebih hemat energi dalam jangka panjang, build qualitynya juga lebih bagus. Diatasnya ada Silver, Gold, Platinum, terakhir Titanium.

Bronze oke, Silver nanggung, Gold bagus, Platinum kemahalan, Titanium overkill.

Kalau ingin lebih hemat listrik dan build qualitynya lebih bagus lagi, gw sarankan ambil yang Gold. Rata-rata PSU sertifikasi Gold juga garansinya 5 tahun.

Baca juga: Seberapa penting efisiensi Power Supply untuk penggunaan sehari-hari?

Tulisan eksternal: Apakah makin tinggi sertifikasi Power Supply makin hemat listriknya?

Berikut ini rangkuman 5 rekomendasi PSU Gaming terbaik pilihan yang mudah ditemui di pasaran:

    • Seasonic S12II- 520w Bronze
    • be quiet! System Power U9 500w Bronze
    • be quiet! Straight Power 500w Gold
    • Seasonic Focus Plus Gold FX-550w Gold
    • Antec Edge 550w Gold

1. Seasonic S12II-520w Bronze

psu gaming terbaik seasonic s12II-520
Foto: Seasonic

Sertifikasinya bronze, tapi kualitasnya termasuk yang terbaik, review bisa dilihat di hardwaresecrets. Harga sekitar 900 ribu-an, garansi 5 tahun untuk ukuran sertifikasi Bronze? Sikat!

2. be quiet! System Power U9 500w Bronze

power supply untuk pc gaming be quiet u9 (bequiet.com)

Harga sekitar Rp 750 ribu-an, lebih murah dibanding pilihan pertama. Namun drawbacknya adalah garansinya yang hanya 3 tahun. Boleh dipilih bila 260 ribu untuk kebutuhan lain.

3. be quiet! Straight Power 500w Gold

psu gaming terbaik, be quiet! 500w
Foto: bequiet.com

Sejujurnya gw baru mendengar merek be Quiet! ini. Harganya 1,3 juta-an. Reviewnya langsung saja cek di Jonnyguru. Garansi 5 tahun dengan distro PT Cahaya Distribusi Nusantara.

4. Seasonic Focus Plus Gold FX-550w Gold

psu gaming terbaik, seasonic focus gold.
foto: seasonic.com

PSU Seasonic yang satu ini garansinya 10 tahun! Ditebus dengan harga sekitar 1,4 juta-an. Distributor Dinamika Perkasa Jaya. Reviewnya bisa dilihat di Jonnyguru.

5. Antec Edge 550w Gold

psu gaming terbaik, antec edge 550
foto: tom’s hardware

Alternatif dari merek yang pasaran, ada Antec yang tidak kalah terkenal. Harganya 1,4 juta-an. Sejatinya, PSU ini dibuat oleh Seasonic, jadi kualitasnya tidak jauh beda.

Reviewnya di Tom’s Hardware. Distributornya Cahaya Distribusi Nusantara.

Selalu sediakan budget lebih untuk PSU

Trust me, power supply atau PSU harus menjadi komponen prioritas ketika membangun PC gaming. Karena main game termasuk kegiatan yang paling bikin komputer “stress” alias butuh banyak tenaga buat menghasilkan gambar yang bagus dan dengan frame-rate yang halus.

Gw punya pengalaman pakai PSU yang harganya murah. Dulu waktu masih awam, PSU ini komponen yang paling akhir gw pikirkan. Sekarang setelah menyadari pentingnya PSU untuk keawetan komponen PC, gw belain beli PSU Corsair RMX 550w yang harganya 1,6 jutaan, garansinya 10 tahun.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.