Seberapa Penting Efisiensi Power Supply untuk Komputasi Sehari-hari?

Seberapa Penting Efisiensi Power Supply untuk Komputasi Sehari-hari?

Seberapa penting efisiensi power supply untuk komputer kantor, gaming, dan desain dalam kegiatan sehari-hari? Jawaban dari gw adalah penting. Gw tadinya termasuk orang yang paling terakhir memikirkan sower supply. Tapi semenjak punya pengalaman pakai PSU murah, sekarang gw memasukkan PSU kedalam priority list dalam membangun PC gaming gw.

Apa itu efisiensi sower supply?

Sebelum menilai pentingnya efisiensi power supply, gw terangkan dulu secara singkat, efisiensi power supply adalah seberapa akuratnya suatu power supply mengantarkan daya dari colokan listrik ke perangkat elektronik.

Komponen power supply unit atau PSU, sesuai namanya, punya tugas menyuplai daya listrik ke komponen yang membutuhkan. Dalam menyuplai daya ini, ada sekian % energi listrik yang terbuang, entah menjadi panas, atau hilang di kabel, atau di titik lainnya.

Misal ada sebuah komputer yang membutuhkan daya 100w dalam satu waktu, lalu komputer tersebut pakai PSU yang efisiensinya 80%, maka power supply tersebut akan mengambil daya sebesar 120 watt dari colokan listrik.

ilustrasi pengantaran daya dari power supply ke PC
Ilustrasi pengantaran daya dari PSU ke PC.

Power supply yang efisien membantu menghemat listrik

Sekilas penghematan listrik tidak terasa besar bila skala penggunaan PC hanya untuk ngerjain administrasi kantor yang enteng atau nonton video. Tapi untuk gaming dan video editing yang butuh daya besar, maka penghematannya baru terasa di tagihan listrik.

Info lebih lanjut mengenai sertifikasi 80+ bisa dilihat di¬†Tom’s Hardware.

PSU yang efisien tidak hanya sekedar menghemat listrik, tapi juga membantu mengawetkan PC

Ada harga ada kualitas, semakin tinggi efisiensinya semakin mahal harganya. Ini karena pabrikan PSU membenamkan komponen-komponen yang bagus punya. Itu juga sebabnya, pabrikan berani ngasih garansi hingga belasan tahun untuk power supply papan atas.

Baca juga: Memilih power supply terjangkau untuk PC gaming.

PSU yang gw pakai garansinya 10 tahun, Corsair RMX550w. Harganya memang mahal sekitar Rp 1.6 jutaan, tapi setidaknya selama 10 tahun ke depan, gw tidak perlu lagi mengkhawatirkan komponen yang vital ini.

Kesimpulannya, PSU yang efisien itu penting, karena PSU punya tanggung jawab besar untuk menyuplai daya ke seluruh komponen PC. Selain efisiensi, PSU yang bagus juga membantu menjamin keawetan seluruh komponen PC.

Tapi tidak perlu terlalu mahal juga, tips dari gw, carilah PSU yang minimal sertifikasinya Bronze. Kalau ada lebih, mendingan langsung loncat cari yang Gold ketimbang yang Silver.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.