S9 vs Lumia 1020: Bagus Mana?

Review Samsung S9 vs Lumia 1020 setelah 6 bulan pemakaian. Gw beli S9 pada Mei 2018 seharga Rp 11.000.000, dan sampai sekarang masih kredit hingga Mei 2019. Waktu itu ada promo case dari Tumi seharga 500 ribu. Lalu dibanding Lumia 1020 yang sudah “uzur” bagaimana perbandingannya?

What is it like, S9

Punya smartphone flagship ini impian gw sejak lama. Dulu sempat punya Nokia Lumia 1020, which is ended badly. LCDnya rusak setelah 1 tahun pemakaian, sepertinya karena sering ditaruh di tas, jadi tertekan waktu gw naik kendaraan umum.

Yang jelas, punya kebanggaan tersendiri ketika punya smartphone flagship. Tapi, karena tulisan SAMSUNG tidak lagi melekat di bagian depan, kebanyakan bertanya-tanya merek HP gw. Lalu kemana logo SAMSUNGnya? Dibelakang. Tambahnya lagi, ditutupin oleh casing Tumi yang tebal. Tambah gak ketahuan identitas HP gw.

Bukan masalah besar, hanya dari branding kurang terasa saja kalau HP gw itu Samsung Galaxy S9. Apalagi rata-rata smartphone jaman sekarang punya desain yang mirip: bezel nan-tipis.

Soal ukuran, pada tahun 2014 Lumia 1020 termasuk besar pada jamannya. Di tahun 2018, standar “besar” ini sudah berbeda, 1020 jadi terlihat kecil dibanding S9.

Performa

Prosesor 8-core, dengan RAM 4GB. Bahkan laptop berumur 7 tahun untuk gw tulis review ini saja hanya punya 2-core dengan RAM 4GB. Dibanding dengan 1020 juga sudah berbeda jauh. More than enough untuk tugas sehari-hari. Gw gak bakal cerita soal gaming, karena gw adalah PC Gamer, jadinya gw tidak suka main game HP.

Aplikasi yang sering gw pakai adalah Chrome Browser, Google Maps, Youtube. Untuk multi-tasking, jelas tanpa cela. Mungkin kalau untuk pemakaian seperti gw, ibarat punya mobil BMW M5 dengan mesin V8 dipakai jalan hanya 100km/jam ala Captain Slow, tak perlu bersusah-payah.

Kamera S9 vs Lumia 1020

Salah satu yang dibanggakan S9 ini adalah kameranya. S9 ini bisa merekam video slow-motion.  yang hampir tidak pernah gw pakai.

Sensor kamera S9 ini “hanya” 12MP. Bila dibandingkan dengan Lumia 1020 gw yang sensornya 41MP plus Carl Zeiss? Jelas beda. Tapi kedengarannya tidak adil kalau dibandingkan head-to­-headGw sempat tes beberapa waktu lalu dengan mode sama-sama 5MP, sama-sama menggunakan software kamera standar masing-masing, dan hasilnya? Excellent, on its way.

S9 vs Lumia 1020: Android vs Windows Phone

Windows Phone sudah kalah, terlempar dari arena pertarungan sistem operasi smartphone. Tapi pada jamannya, Windows Phone termasuk OS yang bagus, terutama mulai dari 8.1 Denim, sudah mirip-mirip Android.

Kesimpulannya, Gw rindu dengan kamera Lumia 1020. Rindu pula dengan status “nyentrik” karena tidak mengikuti tren milenial-milenial yang pada tahun 2016 itu pakenya kalau tidak Samsung ya Apple.

Apa yang bikin Lumia 1020 menonjol? Kameranya, lihat saja belakangnya, saking besar modul kameranya, HP ini kalau ditaruh di meja tidak akan pernah bisa duduk sempurna.

Andai Nokia sekarang yang mulai bangkit dengan Android menelurkan penerus 1020 dan melahirkan banyak terobosan, mungkin cerita ini bakal berbeda. Mungkin juga, Samsung bakal melahirkan S9 yang lebih mutakhir. Karena pada dasarnya S9 ini mirip dengan S8, yang juga mirip dengan S7. Sounds familiar? Yes, iPhone 8 yang mirip dengan iPhone 7, yang juga mirip dengan iPhone 6.

Kemudian datang serangan smartphone asal China …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.