sebelum ke jepang, transit di bandara i gusti ngurah rai

Persiapan Sebelum ke Jepang, Day 0

Hari yang ditunggu telah tiba. Gw berangkat ke Jepang bersama teman-teman kuliah pada 19 Oktober 2018. Selama 8 hari dari tanggal 20 Oktober hingga 28 Oktober 2018. Berikut ini persiapan gw sebelum ke Jepang.

Persiapan sebelum ke Jepang

Amenities

Bawa pakaian seperlunya, tergantung cuaca juga. Berhubung gw jalan ke jepang di musim gugur, gw bawa pakaian tidak terlalu banyak. Dan benar saja, gw sama sekali tidak keringatan disana.

1. Koper 22″ isi pakaian, vacuum storage bag untuk baju kotor.
  2. Sling bag berisi Yen, paspor, chargerpower bank, tiket dan itinerary.
  3. Tas punggung isi sendal, jas hujan, dan oleh-oleh.

Paket Roaming Telkomsel Jepang

Sebenarnya banyak pilihan kartu sim di jepang, provider selulernya biasanya softbank, docomo, bisa cari di situs belanja favorit.

Berhubung gw gak mau ribet, dan kebetulan pakai Telkomsel, gw akhirnya pilih paket Telkomsel data roaming 30 hari / 5GB seharga Rp 350.000.

paket roaming telkomsel jepang
Paket data roaming Telkomsel di Jepang selama 30 hari (hanya paket data)

Transit di Bali

Sayangnya gw tidak dapat direct flight, alhasil “terdampar” dulu di Bali selama 4 jam. Penerbangan gw selama 7 jam berangkat pada pukul 00.15 menuju Narita, jadinya tiba di Jepang pagi hari, supaya bisa langsung keliling.

Mandi di bandara I Gusti Ngurah Rai

Gw sempat mandi di kamar mandi bandara, karena tadinya mikir supaya badan segar, nanti malam bisa tidur di pesawat. Cukup lama gw mencari keberadaan kamar mandi ini, ternyata letaknya agak jauh dari gate.

kamar mandi bandara i gusti ngurah rai
Letak kamar mandinya agak dipojok, melewati toko suvenir dan restoran-restoran

Ternyata tidak sesuai harapan, kamar mandinya tidak punya air panas. Sangat tidak recommended kalau badan nggak bau bau amat.

bagian dalam kamar mandi bandara ngurah rai bali
Fasilitas hanya seadanya, bawa alat mandi sendiri karena tidak ada sabun mandi disini

Karena gw pikir sia-sia kalau gak jadi, akhirnya gw memaksa mandi saja air dingin, tanpa sabun karena alat mandi gw di bagasi semua.

Boarding jam 00.15

Waktu yang ditunggu tiba, boarding ke pesawat melalui Gate 1. Terlihat banyak Nihon-jin (orang Jepang) yang baru selesai liburan di Bali.

Selebihnya di perjalanan gw selama 9 hari di Jepang.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.