air buble muncul di whitestone dome glass s9 gw.

Whitestone Dome Glass, Hampir Sia-sia

Ingin membeli tempered glass merek Whitestone Dome Glass? Baiknya baca tips ini dulu sebelum membeli, terutama bagi yang ingin memasang sendiri.

Sebelum memasang Tempered Glass Whitestone Dome Glass

Whitestone Dome Glass merupakan tempered glass paling mahal yang pernah gw pasang. Demi menghilangkan rasa penasaran gw, pertaruhan high-risk high-reward ini gw tebus dengan uang 600 ribu rupiah. Menurut orang-orang yang sukses memasang TG ini merasa puas dengan kualitasnya, dan gw kepincut untuk mencobanya.

paket penjualan whitestone dome glass
600 ribu dapat apa saja? 2 lem, 3 lap mikrofiber, 3 lap alkohol, dan frame untuk pemasangan TG.

Sebelum memasang tempered glass, pastikan kaca layar HP-mu masih memiliki lapisan oleophobic. (Lapisan ini semacam efek daun talas yang permukaannya menolak air).

HP jaman sekarang seharusnya sudah memiliki lapisan ini dari pabrik, maka dari itu dianjurkan langsung memasang tempered glassĀ pas baru beli HP.

Nah untuk yang HP nya sudah berumur setahun lebih biasanya lapisan oleophobic ini sudah terkikis, jadi gw sarankan untuk membeli oleophobic coating terlebih dahulu.

Cara mengetahui layar HP memiliki lapisan oleophobic

Gampang sekali, tuang saja air, maka airnya mudah sekali mengalir dan tidak “lengket” menempel di kaca, contoh gambar dibawah ini:

lapisan oleophobic pada layar smartphone.
Gambar milik Green Onions Supply.

Setengah bagian bawah dari kaca peraga di atas memiliki lapisan oleophobic, sehingga air tidak menempel di kaca.

“Kesalahan gw, lapisan oleophobic Samsung S9 gw sudah terkelupas”

Gw memasang TG Whitestone ini pada HP Samsung S9 gw yang sudah berumur 1 tahun, sehingga lapisan oleophobicnya sudah terkelupas di bagian yang sering gw usap karena pemakaian wajar.

Yang terjadi adalah ketika lem TG Whitestone Dome Glass ini dituang ke permukaan kaca, bentuk genangan lemnya tidak bulat sempurna dan tidak mudah mengalir dengan rata. Dan yang terjadi berikutnya adalah, saat gw menempelkan TG ke lem ini tidak merata dan muncul air bubble.

Lalu kalau gagal pasang Whitestone Dome Glass?

Dari paket penjualan Whitestone Dome Glass ini diberi 2 lem (alias 2 “nyawa), 3 alkohol, 3 lap fiber dan 2 lembar pembersih debu (yang ini bisa diakalin pakai selotip saja, JANGAN DITIUP! iler atau kotoran dari mulut bisa nempel).

Dan kalau gagal dan terbentukĀ air bubble, segera lepas dan cuci pakai air mengalir. Kalau lemnya sudah terlanjur lengket, tuang minyak urut atau kayu putih, lalu gosok secara halus.

Nyawa pertama gw gagal karena gw baru menyadari dampak hilangnya lapisan oleophobic di S9 gw. Kesempatan kedua pun gw sudah tidak berharap sempurna karena memang sudah begitu kondisi layar kacanya, sementara untuk beli pelapis oleophobic harus rogoh kocek paling tidak 100 ribu lagi.

Akhirnya? tetap gw pasang yang kedua, begini hasilnya:

air buble muncul di whitestone dome glass s9.
Air bubble muncul, lemnya sudah habis, beli lemnya (doang) 200 ribu, bisa-bisa abis 1 juta untuk anti gores doang. Tapi kualitas TGnya memang bagus, sesuai harga.

Tidak sempurna, sebaiknya memang pas gw baru beli S9 langsung pasang TG untuk hasil terbaik, atau gw harusnya beli coating oleophobic sebelum memasang TG Whitestone Dome Glass ini.

Kesimpulannya? Pastikan lapisan oleophobic di layar ponsel-mu masih bagus sebelum memasang TG!

Itu saja kesimpulannya, pastikan kacanya masih punya lapisan oleophobic supaya TG bisa menempel dengan sempurna.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.