UNIQLO Grand Indonesia

Kerja di UNIQLO Indonesia, Setahun Pengalaman

Tak terasa, di April 2022 ini gw sudah setahun kerja di UNIQLO sebagai Website Operation.

Sebagai perusahaan yang mempunyai toko dan (baru saja) e-commerce, experience yang dialami pelanggan ketika belanja online dengan offline sangat berbeda, begitu juga dengan pengalaman kerjanya.

Pengalaman Store Training di Toko UNIQLO

Tak lengkap rasanya bekerja di ritel tanpa merasakan menjadi staff toko. Store Training yang menjadi “ritual” kerja di UNIQLO ini diadakan di pertengahan Maret 2022 selama 4 hari (Selasa hingga Jumat).

Untuk apa? Supaya mengerti bagaimana keseharian operasi di toko. Store is where it all began, and where it makes most of the sales.

Hari Pertama Store Training UNIQLO Grand Indonesia

Toko tempat gw training adalah UNIQLO Grand Indonesia. Datang jam 7 pagi (jadwalnya jam 8 mulai kerja) langkah pertama? Bersih-bersih.

Biarpun sudah ada tim cleaning service yang setiap pagi bolak-balik ngepel lantai, kebersihan baju-baju yang dipajang tetap menjadi tanggung jawab staff toko. Soo, gw siap-siap “bersenjatakan” kemoceng, roller, dan lap micro fibre.

Jangan menyangka di mall bakal bersih karena tidak ada udara luar masuk -Musuh utamanya itu AC! Debu paling banyak menumpuk di lemari paling atas tempat AC menyembur.

Jam 09.45, sebelum mall dan toko dibuka, kita apel dulu. Kurang lebih, review sales sehari sebelumnya, dan memikirkan action plan buat hari yang akan berjalan.

Terlihat simpel, tapi ini sesungguhnya rutinitas yang sangat krusial, dan basic. Sangat baik diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, to make sure not to waste the most expensive thing in the world, TIME.

Kemudian, jam 10.00, bungkuk 3x, sambil mengucapkan, “Welcome to UNIQLO!”and that’s it! Back to our post! Semua staff diassign ke tempatnya masing-masing: Ada yang di kasir, di back room, sisanya di shopfloor alias di toko.

Kerja di UNIQLO, Melihat perspektif pelanggan

Gugup? Ba-nget! dari yang biasanya gw kerja di balik layar di depan komputer, sekarang dengan kerja di UNIQLO, gw kurang lebih, harus bisa mendapatkan insight mengenai E-Commerce dari pelanggan langsung.

Beruntung, pandemi gelombang ke-3 akibat omicron lagi mengganas, jadi tidak terlalu banyak Customer. Tapi tetap saja gugup, khawatir ngasih petunjuk yang salah, tapi menurut buku panduan, hilangkan semua perasaan khawatir, hajar saja!

Anyway, jadwal gw di hari pertama berjaga di toko hanya 1 jam, jadinya lanjut ke ruang manajer untuk diskusi kegiatan selanjutnya. Gw terlibat banyak diskusi dengan Manajernya, Mba Monika selaku General Store Manager UNIQLO Grand Indonesia. Juga bertukar pikiran dan pengalaman bagaimana melayani pelanggan di toko dan di online, begitu juga dengan operasional sehari-hari.

Bersambung ke part berikutnya

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.