sekumpulan buku dari UNIQLO Indonesia

Welcome to UNIQLO! Sepenggal Pengalaman Kerja di UNIQLO Indonesia

Welcome to UNIQLO! Kalimat ini merupakan trademark staf toko UNIQLO di seluruh Indonesia. Gw berkesempatan bergabung di UNIQLO Indonesia dibawah naungan PT Fast Retailing Indonesia. Sebagai Site Operation, gw bertugas mengelola konten website online store UNIQLO (www.uniqlo.com/id/id) yang baru saja soft-launch di bulan Agustus 2021.

Sejarah Singkat UNIQLO Indonesia

UNIQLO sendiri pertama kali buka di Lotte Shopping Avenue pada 2013 lalu. Sekarang di 2021 sudah ada sekitar 40 toko. Pandemi covid-19 di bulan 2020 tentu membuat penjualan terganggu. Dan di 2021, E-Commerce-nya barulah dikembangkan.

Sekedar catatan, inisiasi online store UNIQLO sebenarnya sudah direncanakan sejak 2019, hanya saja, dari markas pusat Fast Retailing jepangnya, UNIQLO Indonesia “baru kebagian giliran” di 2021 ini. Karena memang UNIQLO di berbagai belahan dunia juga memiliki online storenya masing-masing. Di 2021 saja, UNIQLO Indonesia itu sebenarnya bareng pengembangannya dengan UNIQLO Vietnam.

Interview Awal UNIQLO dengan Head Marketing

Gw mendapat kesempatan bergabung di UNIQLO Indonesia ini melalui headhunter dari Recruicity. Headhunter gw memang spesialis bagian komersial dan engineering, dan pada awal Februari 2021, gw dihubungi beliau dan ditawarkan kesempatan ini.

Dengan job description sebagai Site Operation, atau biasa diluar disebutnya sebagai E-Commerce Specialist. Tugasnya kurang lebih mengelola konten website online store. Ya, alasan UNIQLO sedang hiring posisi ini karena memang mau meluncurkan E-Commerce. Beliau melihat profil gw cocok dan mengajukan nama gw ke manajemen UNIQLO.

Tak dinyana, ternyata disambut baik oleh manajemen dan gw lolos tahap screening CV dan lanjut ke interview User. Pertama gw diwawancara oleh Marketing Head Mas Daniel.

Seperti biasa, bertanya mengenai gw, pengalaman kerja gw, alasan gw ingin meninggalkan Kompas dan tertarik bergabung di UNIQLO Indonesia. Utamanya gw jawab karena gw ingin menantang gw di E-Commerce. Dan gw juga sempat curhat bila industri media saat ini sulit untuk profit. Karena, ya memang informasi di zaman serba digital ini menjadi komoditas yang tidak lagi terlalu berharga.

Interview dengan Top Manajemen UNIQLO

Interview selanjutnya adalah dengan 3 top manajemen sekaligus. Siapa saja mereka? Yugo Shima (COO) biasa dipanggil Shima-san, Kumano Shigeru (CFO) yang biasa dipanggil Kumano-san, lalu Naoki Kamogawa (CEO) yang biasa dipanggil Kamo-san.

Interview gw dengan top manajemen dilakukan secara tatap muka di gedung South Quarter lantai 17.

Seperti apa interview-nya? Kurang lebih seputar karier gw, bagian apa dari karier gw yang bisa berkontribusi mengembangkan UNIQLO Indonesia. Karena gw berlatar-belakang TI, maka gw menjawab dengan teknologi informasi, bisa membantu kehidupan manusia, gw mengharapkan para okyakusama (Pelanggan) bisa memperoleh produk-produk UNIQLO dengan lebih mudah.

Anyway, setelah kurang lebih 3 minggu, gw mendapat penawaran dari UNIQLO. Gw memutuskan untuk mengambil dan mulai kerja di UNIQLO pada 7 April 2021. Dengan demikian, berakhirlah karier gw di Kompas sebagai Web Designer selama 4 tahun, dan berlanjut ke UNIQLO Indonesia.

Cerita selanjutnya adalah pengalaman gw sebagai Site Operation selama 3 bulan pertama di UNIQLO Indonesia.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.