Pengalaman Kuliah di Binus Part 2

Bagian ke-2 dari pengalaman gw kuliah di binus, di part ini gw bakal ceritain semester-semester awal kuliah.

Semester yang paling berkesan

Semester yang bagi gw paling gampang diingat adalah ya semester 1. Jadwal kuliah gw adalah waktu itu SeninRabu, Jumat.

Selasa Kamis libur, ya berhubung semester 1 belum banyak materi yang berat-berat, bisa dibilang ini masa yang paling santai.

Got to know my new friends. Beruntung sekali teman sekelas gw banyak yang gamer, dan anime-lovers. Jadinya tiap nongkrong ya bukan buat ngebul di pojok warung, tapi mampir ke kosan trus nonton, atau, ke warnet Emporium Syahdan.

Tahun 2010 bisa dibilang masa-masa warnet masih ramai, beda dengan jaman now, emporium warnet sudah tutup semua cabangnya dan sudah berganti model bisnis jadi gymGw sama teman-teman main Left 4 Dead 2, Warcraft DotA, udah itu aja, masih seru-serunya.

Perpustakaan

Nggak jarang juga kita ke perpustakaan baca-baca buku atau ngerjain tugas. Berhubung perpustakaannya juga punya koleksi buku yang cukup lengkap, dan rata-rata bukunya dari luar, alias bahasa Inggris.

Dibagian pojok belakang perpustakaan ada kumpulan skripsi-skripsi senior, ada yang setipis martabak, ada juga yang setebal ban truk, sambil membayangkan nanti di semester 7 saat skripsi seperti apa tantangannya.

Setelah gw intip skripsinya, ternyata yang bikin tebal adalah, skripsinya dicetak di satu sisi kertas, yang artinya PEMBOROSAN. Cuman memang pada saat itu kebijakan print bolak-balik belum diberlakukan. Makanya ada yang gw lihat point-point skripsinya sampai ke kanan banget, jadinya satu lembar kertas cuma dimuat 20% teks *facepalm*

Character Building

Di semester 1 ini, tepat di hari Senin jam 07.20 sampai jam 09.00, gw dapat pelajaran CB alias Character Building, materinya ya seperti bimbingan konseling, pembentukan perilaku yang beradab. Gw dapet dosen yang namanya Pak Ivan, gaya mengajarnya milenial, santai, tapi apa yang dibahas langsung to-the-point. Gw sama sekali nggak ngantuk diajari bapak dosen yang satu ini.

Mata pelajaran ini juga yang bikin semester 1 gw berkesan, meskipun pelajarannya udah lupa semua sekarang, tapi setidaknya tersimpan di memory cache, dan nggak bisa didelete.

Selepas pelajaran CB, ada pelajaran Enterprenurial  bla bla, gw agak lupa. Tapi nggak ada dosennya sama sekali, jadinya duduk aja dikelas bareng temen-temen kelas 01PJM. Waktu itu ada yang bawa laptop ke kelas main game Assassin’s Creed II, baru keluar di PC.

Jam 11.20 sampai jam 13.00 kosong, alias nggak ada pelajaran, nanti lanjut jam 13.20, kita makan siang di luar, buka peta cari restoran yang halal, nggak susah, dan teman-teman gw yang kebanyakan tionghoa juga sangat membantu, dikasih tahu, “yang ini jangan dim, babi”, indahnya toleransi memang.

Konsep Sistem Informasi

Berhubung gw kuliah di jurusan Sistem Informasi, tentu saja ini salah satu pelajaran paling krusial di semester 1. Ngebahas konsep mendesain Sistem Informasi, ya bisa dibilang ini masih “ngegali permukaan”, didalamnya masih banyak yang harus di eksplor, jangan heran kalau bakal banyak teori-teori terkait Sistem. Apa itu Sistem ? Apa itu Informasi? Apa itu Sistem Informasi? Kurang lebih begitu.

Heading back home

Pulang jam 17.00, naik angkot M11 menuju Kebon Jeruk, cuman bayar 2.000. Soal transportasi, (dulu ya belum ada go-jek, grab, uber) ya masih ojek, angkot, metromini. Binus ini dilewati 3 transportasi umum :

  1. Mikrolet biru M11
  2. Mikrolet biru M24
  3. Metromini 91

Jadinya gw punya 2 opsi untuk pulang kearah Kebon Jeruk, M24 atau M11. Tapi M11 yang tercepat untuk pulang.

Selanjutnya di part 3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.